Thursday 27 July 2017

Belajar Bahasa Arab Pemula Mudah




Imam Baihaqiy meriwayatkan satu hadits , bahwa Rasulullah saw bersabda,

“Perbanyaklah kalian membaca shalawat kepadaku pada hari dan malam Jum’at, Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali..”

Berpegangan pada hadits inilah biasanya banyak dari kalangan kaum muslimin mengadakan kegiatan rutinan sholawatan bersama pada malam jum`at, seperti pembacaan Maulid ad-diba`I, al-Barjanji, shimtut duror, dan lain-lain. latar tempatnya pun berbeda-beda. 
Belajar Bahasa Arab Pemula Menyenangkan

Ada yang dilakukan di rumah secara bergilir, ada yang dilakukan di masjid, ma`had, dan lain-lain.

Kamis, 20 Juli, Aula Bahasa Arab Pemula tampak begitu hidup. Ratusan pelajar, putra atau-pun putri berkerumun menjadi satu disana. Tampil didepan adalah muasis ad-dauroh, dan pasukan hadroh yang akan memimpin sholawat. Setelah itu pelajar-pelajar putra,
lalu mengikut di belakang adalah pelajar-pelajar putri yang berbaris sedemikian rapi-nya. Mereka telah siap  untuk turut meramaikan acara sholawatan pada malam itu. Acara dibuka dengan pembacaan surat Yasiin kepada arwah sesepuh yang telah menyumbangkan amal jasa-nya pada Indonesia dan islam. Lalu, suasana terasa sangat bernyawa ketika rebana mulai ditabauh berpadu dengan suara vokalis yang merdu dan menyentuh,

“Yaa Robbi sholli `ala Muhammad # Yaa Robbi sholli `alaihi wasallim

(wahai tuhanku, sampaikanlah sholawat kepada nabi Muhammad, wahai tuhanku, sampaikanlah shlalawat juga salam kepada beliau)

Seba`da sholalawatan bersama berikut do`anya, acara dilanjutkan dengan maudizah yang disampaikan oleh Ustadz Tri-Lax,
Belajar Bahasa Arab Pemula di Pare

“Nikmat dan keindahan di surga, sungguhlah tak terhingga, satu diantara yang terindah adalah perjumpaan dengan nab Muhammad saw,” Begitu kurang lebih Ustadz Tri-Lax mengawali pidatonya.

Ustadz Tri-lax yang malam itu tampil bersahaja, menyampaikan pidato-nya dengan begitu berwibawa. Hampir semua yang disampaikanya begitu penting untuk diingat atau dicatat. Kaliamat-kalimat yang ditturkan-nya begitu runtut dan teratur. Diantara yang dsampaikanya adalah hadits-hadits agar kita mencintai Rasulullah saw dengan sepenuh kecintaan, Belajar Bahasa Arab Pemula tersebab begitu besar jasa dan pengorbanan beliau untuk kita ummatnya. Bahwa belum-lah sempurna iman kita, bila kita belum bisa mencintai beliau saw melebihi kecintaan kita pada diri sendiri.

Lalu, sebelum menutup pidato-nya, beliau mengajak semua yang hadir untuk sering membuka kembali sirah Nabi,

“Mari kita sering-sering memperbanyak lagi membaca sirah-sirah beliau, agar dari rasa kenal itu muncul rasa sayang, dan dari rasa sayang itu timbul rasa cinta, dan dari rasa cinta itu akan hadir rasa rindu nantinya.”

Seba`da pidato yang disampaikan oleh salah satu ustadz, dari pelajar-pun ada yang mewakili berpidato. Biasanya digilir dari asrama ke asrama.  Saat itu  yang kedapatan amanah adalah Akh Hamin, pelajar dari Riau yang saat ini di kelas muhaddatsah satu. Akh Hamin menyampaikan pidato-nya dengan ber-api-api dan bersemangat, layaknya seorang orator yng tengah memimpin demo. Tema yang dipilihnya adalah tentang pentingnya sholat sebagai puncak segala ibadah.  “Bagi siapa saja yang berani meninggalan sholat,” ujarnya lantang,” do`anya akan tertolak, diberi kehidupan yang sempit, dan  kelak akan dimasukkan di neraka.”

Acara kurang lebih rampung pukul Sembilan malam. Alhamdulillah, berlangsung sangat memuaskan. Semoga acara selanjutnya lebih baik lagi.. BARAKALLAHU AL-AZHAR..



1 comment: