Friday 21 July 2017

Di Al-Azhar; Sibuk Dengan Hal Yang Bermanfaat, Siapa Takut?

Bismillahirrahmaanirrahiim
“Waktu,” ujar cendekiawan barat  William pent, “adalah sesuatu yang paling kita inginkan, namun juga sesuatu yang paling buruk yang kita gunakan.”
Membaca kalimat di atas, tentu kita sepakat, bahwa  Waktu adalah sesuatu yang amat berharga. Sering teribaratkan dengan uang, atau juga pedang. Bila tak kita pakai untuk menebas, kitalah yang akan ditebas.
Dan dalam islam sendiri, waktu dianggap sebagai satu nikmat atau karunia yang teramat agungnya. Sebagaimana yang pernah disabdakan Rasulullah saw,

“Dua kenikmatan yang kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”. [HR Bukhari,]..   suatu nikmat tentu menghajatkan untuk disyukuri. Dan mensyukuri waktu diantara caranya adalah dengan memanfaatkanya sebaik mungkin, tidak mengisinya dengan hal yang sedikit guna atau bahkan mendatangkan murka-Nya.
Menjadi satu keberuntungan tatkala kita berada di suatu tempat atau lingkungan yang mendukung kita untuk mengisi waktu di tiap hari-nya dengan sesuatu yang berfaidah. Seperti yang dirasakan oleh kami peserta daurah (pengkursusan) Al-Azhar.Yupss, disini kami para pelajar selalu tersibukkan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Di hari senin-jum`at misalnya, hampir disetiap harinya ada 8 pertemuan. Enam pertemuan di kelas, dan 2 pertemuan di asrama, yakni seba`da sholat shubuh dan sholat maghrib. Terkecuali pada selasa malam dan kamis malam. Hari-hari itu biasanya digunakan untuk acara khitobah bersama, dan Shlalawatan bersama. Tuh, sibuk lagi bermanfaat banget kan?
Tapi sesemangat-semangatnya seseorang, tentu ada jenuhnya juga kan? Ada ngin untuk menikamti libur dan mengisi hari dengan seuatu yang tentu tak sama dengan hari-hari biasanya. Nah, Hari sabtu dan Ahad adalah hari libur bagi kami. Biasanya ada yang memafaatkan-nya dengan rihlah di wisata-wisata kisaran pare-kediri, ada pula yang masih saja istiqomah belajar, menulis, dan menghafal, dan juga tak sedikit yang mengisi jam demi jam dengan tidur sepuasanya.

No comments: