Pasal Menerangkan Niat Dalam
Hal Mencari Ilmu
Pentingnya Niat
ثم لابد له من النية فى زمان تعلم العلم، إذ النية هى الأصل فى جميع
الأفعال لقوله عليه السلام: إنما الأعمال بالنيات. حديث صحيح.
[روى] عن رسول الله صلى الله عليه وسلم: كم من عمل يتصور بصورة عمل الدنيا، ثم يصير بحسن النية من أعمال
الآخرة، وكم من عمل يتصور بصورة عمل الآخرة ثم يصير من أعمال الدنيا بسوء النية.
Adalah
keharusan bagi seorang pelajar untuk membernarkan niatnya dalam mencari ilmu.
Niat adalah pokok dalam segala perkara, seperti sabda Rasulullah saw,
“Hanyasanya
setiap amal itu bergantung pada niat..” (Hadits Shohih)
Juga
sabda Rasulullah saw yang lain, “Betapa banyak-nya amal-amal yang sejatinya
adalah amal dunia tapi dengan baiknya niat(pelaku) ianya menjadi amal akhirat.
Dan berapa banyak pula amal-amal yang sebenarnya berupa amal akhirat, tapi
tersebab buruknya niat(pelaku), ianya berubah menjadi amal dunia.”
(Baca juga : Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula)
Niat yang Baik & Buruk
وينبغى
أن ينوى المتعلم بطلب العلم رضاء الله والدار الآخرة، وإزالة الجهل عن نفسه، وعن
سائر الجهال، وإحياء الدين وإبقاء الإسلام، فإن بقاء الإسلام بالعلم، ولايصح الزهد
والتقوى مع الجهل.
وأنشدنا
الشيخ الإمام الأجل الأستاذ برهان الدين صاحب الهداية لبعضهم شعرا:
فـساد
كـبير عـالم
مـتهتـك وأكـبر
منه جاهل متنسك
هما
فتنة للعالمين
عظيمة لمن
بهما فى دينه يتمسك
وينوى
به: الشكر على نعمة العقل، وصحة البدن, ولا ينوى به إقبال الناس عليه، ولا استجلاب
حطام الدنيا، والكرامة عند السلطان وغيره.
وقال محمد بن الحسن رحمة الله عليهما: لو كان الناس كلهم عبيدى لأعتقتهم وتبرأت عن ولائهم.
وقال محمد بن الحسن رحمة الله عليهما: لو كان الناس كلهم عبيدى لأعتقتهم وتبرأت عن ولائهم.
Niat
yang baiknya dipasang oleh pelajar dalam mencari ilmu yaitu mencari keridhoan
Allah Ta’ala, kehidupan di akhirat, menghilangkan kebodohan yang ada pada
dirinya dan juga orang lain, menghidupkan agama, dan melangggengkan islam. karena
sesungguhnya kelanggengan agama islam adalah dengan ilmu, dan tidaklah benar
zuhud dan takwa yang didasari kebodohan. Belajar bahasa Arab pemula di Al-Azhar
Syaikh
Burhanuddin pernah melantunkan syiir
gubahan seorang ulama,
“satu kerusakan yang besar yaitu seorang ‘alim yang
menyeleweng kelakuan-nya, dan lebih besar lagi dari itu yaitu orang bodoh yang
ahli ibadah,
Keduanya adalah fitnah yang agung dalam masyarakat; bagi
sesiapa yang berpegang pada kedua-nya dalam masalah agama.” Belajar bahasa arab pemula mudah
Sebaiknya
pula bagi pelajar dalam belajar-nya untuk berniat mensyukuri nikmat akal dan
sehat-nya badan. Dan jangan sampai punya niatan agar diterima oleh
masyarakat, mendatangkan kekayaan dunia dan kemulyaan dihadapan manusia dan
Raja, dan lain-lain.
Berkata
Syaikh Muhammad ibn Hussayn Rahimahullah, “Andaikan manusia seluruhnya
adalah budak-ku, sungguh akan aku merdekakan mereka dan lalu aku berlepas diri
dari haq wala’-nya.”
Kelezatan & Hikmahnya Ilmu
وذلك
لأن] من وجد لذة العلم والعمل به، قلما يرغب فيما عند الناس. أنشدنا الشيخ الإمام
الأجل الأستاذ قوام الدين حماد بن إبراهيم بن إسماعيل الصفار الأنصارى إملاء لأبى
حنيفة رحمة الله عليه:
من طلب العلم للمعاد فاز بفضل من الرشاد
فـيالخسـران طالـبيـه لـنيل فـضل من العباد
اللهم إلا إّذا طلب الجاه للأمر بالمعروف والنهى عن المنكر، وتنفيذ الحق، وإعزاز الدين لا لنفسه وهواه، فيجوز ذلك بقدر ما يقيم به الأمر بالمعروف والنهى عن المنكر.
وينبغى لطالب العلم: أن يتفكر فى ذلك، فإنه يتعلم العلم بجهد كثير، فلايصرفه إلى الدنيا الحقيرة القليلة الفانية. (قال النبى صلى الله عليه وسلم: اتقوا الدنيا، فوالذى نفس محمد بيده إنها لأسحر من هاروت وماروت). شعر:
هى الـدنيا أقـل مـن الـقـليل وعاشقها أذل من الذليل
تصم بسحرها قوما وتعمى فـهم مـتخيرون بلا دليل
من طلب العلم للمعاد فاز بفضل من الرشاد
فـيالخسـران طالـبيـه لـنيل فـضل من العباد
اللهم إلا إّذا طلب الجاه للأمر بالمعروف والنهى عن المنكر، وتنفيذ الحق، وإعزاز الدين لا لنفسه وهواه، فيجوز ذلك بقدر ما يقيم به الأمر بالمعروف والنهى عن المنكر.
وينبغى لطالب العلم: أن يتفكر فى ذلك، فإنه يتعلم العلم بجهد كثير، فلايصرفه إلى الدنيا الحقيرة القليلة الفانية. (قال النبى صلى الله عليه وسلم: اتقوا الدنيا، فوالذى نفس محمد بيده إنها لأسحر من هاروت وماروت). شعر:
هى الـدنيا أقـل مـن الـقـليل وعاشقها أذل من الذليل
تصم بسحرها قوما وتعمى فـهم مـتخيرون بلا دليل
Barangsiapa
yang telah menemukan lezatnya suatu ilmu dan mengamalkan-nya, sedikit sekali
yang memyukai apa yang ada pada sisi manuia.”
Syaikh
Qowwamuddin pernah melantukan syi’ir kepada kami syi’ir milik Imam Abu Hanifah,
“Barangsiapa yang mencari ilmu karena akhirat, ia telah
beruntung dengan beroleh petunjuk berupa kebenara
Amat sangat rugi orang-orang yang menuntut ilmu karena
mengharapkan keutamaan dari manusia (hamba).”
Larangan
atau tercelanya niat disini mengecualikan jika mencari kedudukan-nya itu
bertujuan agar bisa amar ma’ruf & nahi munkar, melaksankan kebenaran, dan mengagungkan
agama. Bukan untuk dirinya sendiri. Yang seperti ini diperbolehkan dengan syarat
sekiranya bisa beramar ma’ruf dan nahi munkar..
Akan
tetapi, selayaknya bagi pelajar untuk berfikir ulang untuk memeiliki niatan
yang seperti itu. Sebabnya ia telah belajar dengan kesungguhan. Karenanya
jangan sampai terbelokkan oleh dunia yang hina/remeh, sedikit, dan rusak,
seperti ungkapan berupa syi’ir,
“itulah dunia! Lebih sedikit-sedikitnya perkara yang
sedikit. Dan mereka yang mengoyak dunia adalah lebih hina diantara orang-orang
yang hina.
Dunia dengan sihir yang ada padanya telah membuat tuli dan
buta orang banyak. Maka jadilah mereka orang-orang yang bingung tanpa
petunjuk.”
Pantangan Ahli Ilmu
وينبغى
لأهل العلم أن لايذل نفسه بالطمع فى غير المطمع ويحترز عما فيه مذلة العلم وأهله.
ويكون متواضعا، والتواضع بين التكبر والذلة، والعفة كذلك، ويعرف ذلك فى كتاب
الأخلاق
أنشدنى الشيخ الإمام الأستاذ ركن الدين المعروف بالأديب المختار شعرا لنفسه:
أنشدنى الشيخ الإمام الأستاذ ركن الدين المعروف بالأديب المختار شعرا لنفسه:
إن
الـتواضـع مـن خـصـال
المـتقى وبه
التقى إلى المـعالى يرتقى
ومن
العجائب عجب من هو
جاهل فى
حالة أهو السعيد أم الشقى
أم
كـيـف يخــتم عـمـره أو
روحــه يوم
الـنوى مـتسفل أو مرتقى
والـكـــبـريـاء
لـربـنـا صــفـة
لــــه مـخـصـوصة
فتجـنبها واتقى
قال أبو حنيفة رحمة
الله عليه لأصحابه: عظموا عمائمكم ووسعوا أكمامكم. وإنما قال ذلك لئلا يستخف
بالعلم وأهله
Para
ahli ilmu seyogyanya 1)tak menghinakan diri dengan sifat tomak yang tidak pada
tempatnya, 2)memelihara dirinya dari apa saja yang bisa menghinakan ilmu dan
ahli ilmu, dan 3)Bersikap Tawadhu’, 4)Iffah.
Tawadu’
adalah sifat tengah-tengah antara
sombong dan hina. Keterangan yang seperti ini bisa didapati dalam kitab akhlaq.
Syaikh
Ruknul Islam yang dikenal dengan kemulyaan akhlakanya pernah menembangkan
syi’ir karangan beliau sendiri,
“Sesungguhnya Tawadhu’ adalah sebagian dari
sifatnya orang yang bertakwa,
Degan tawadhu’, orang yang bertakwa naik menuju tingkatan
yang lebih tinggi,
Diantara sesuatu yang amat mengherankan: orang yang bodoh
akan keadaan dirinya,
Ia tidak tahu(peduli), apakah ia termasuk yang beruntung
atau celaka?
Atau bagaimanakah umurnya berakhir nantinya; terjerembabkah
atau naik?
Sifat sombong, adalah
sifat yang khusus dimiliki oleh Tuhan kita(Allah),
Jauhi dan berhati-hatilah!
Berkata
Imam Abu Hanifah rahimahullah, “besarkanlah serban kalian, dan perlebarlah
lengan baju kalian!”, maksud beliau memerintahkan yang demikian adalah agar
ilmu dan ahli ilmu tidak dianggap remeh.
(Penting dibaca : Belajar Bahasa Arab Pemula di Pare)
Anjuran khusus untuk Pelajar
وينبغى لطالب العلم أن يحصل كتاب
الوصية التى كتبها أبو حنيفة رضى الله عليه ليوسف بن خالد السمتى عند الرجوع إلى
أهله، يجده من يطلب العل وقد كان أستاذنا شيخ الإسلام برهان الدين على بن أبو بكر
قدس الله روحه العزيز أمرنى بكتابته عند الرجوع إلى بلدى فكتبته، ولابد للمدرس
والمفتى
فى معاملات الناس منه، وبالله
التوفيق.
Seyogyanya bagi penuntut ilmu untuk memiliki
kitab washiyah yang ditulis oleh Imam Abu Hanifah untuk muridnya syaikh Yusuf
ibn Kholid ketika hendak pulang. Sesiapa yang sungguh-sungguh dalam mencarinya,
tentu akan mendapatkan-nya.
Guruku Imam Burhanuddin ibn Abi bakr
juga meyuruhku untuk menulis wasiyat tersebut
ketika aku hendak pulang, dan akupun menulisnya. Selayaknya pula bagi
para pengaar dan mufti untuk juga mengamalkan kitab washiyat tersebut dalam
bermasyarakat nantinya
No comments:
Post a Comment