Wednesday 19 July 2017

Yuk, Belajar Bahasa Arab!

Bismillahirrahmaanirrahiim
Dalam menjalani kehidupan ini, tentu kita sering merasa dihadapakan pada pilihan yang bersebrangan. Dan memang begitulah Allah telah menakdirkan. Begitu banyak hal-hal yang memang diciptakan secara berkebalikan; ada kiri dan ada kanan, ada benar dan ada salah, ada baik ada buruk, ada menang ada kalah, dan semisalnya. Karenanya, kita butuh satu pegangan dan atau petunjuk. Harapan-nya dengan adanya pertunjuk itu, kita tidak  akan bingung apalagi sesat jalan. Lalu, apakah petunjuk itu?
Sebagai muslim, tentu kita tak lagi asing dengan kalimat ini,”Aku riho Allah sebagai tuhanku,  islam sebagai agamaku, Muhammad sebagai nabiku, Al-Qur`an sebagai kitabku…..”

Senada pula dengan kalimat di atas adalah sabda Rasulullah saw,
Aku telah tinggalkan bagi kalian dua perkara yang kalian tidak akan sesat selamanya jika berpegang teguh dengan keduanya yaitu: Al Qur’an dan Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam” (HR. Al Hakim)
Nah, sekarang sudah tahu (baca:ingat) kan jawaban-nya? Yap, petunjuk untuk kita dalam mengarungi hidup ini adalah Al-Qur`an, dan sunnah yang diajar-teladankan oleh baginda Rasul saw.. Hanyasaja tersebab satu dan lain hal, kita begitu sulit untuk mengambi petunjuk itu.Satu diantara sebabnya yaitu Al-Qur`an dan hadits memakai bahasa arab, dan kita tidak faham dengan bahasa rab. Bentul kan? Padahal, bagaimana mungikin bisa mengambil petunjuk bila tak memahami rambu-rambu yang terpasang, dan tak tahu beda antara mana yang perintah, mana yang larangan; mana yang dianjurkan, dan mana yang sebaiknya ditinggalkan.. untuk itu, sebetulnya belajar bahasa arab adalah satu kebutuhan yang mendasar bagi kita seorang muslim. Amat sangat beruntung apabila kita faham akan bahasa arab, yang dengan itu kita bisa mengilmui apa  yang ada di dalam Al-Qur`an dan sunnah Rasulullah saw..
قَدْ جَاءَكُمْ مِنَ اللَّهِ نُورٌ وَكِتَابٌ مُبِينٌ ﴿١٥﴾ يَهْدِي بِهِ اللَّهُ مَنِ اتَّبَعَ رِضْوَانَهُ سُبُلَ السَّلَامِ وَيُخْرِجُهُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ بِإِذْنِهِ وَيَهْدِيهِمْ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ
… Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allâh, dan Kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allâh memberikan petunjuk kepada orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allâh mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus. [Al-Mâidah/5:15-16]
إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ
Sesungguhnya al-Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus. [Al-Isrâ’/17:9]
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk belajar bahasa arab!

No comments: