Thursday 5 October 2017

Belajar Bahasa Arab Pemula dengan Mudah

Belajar Bahasa Arab Pemula

Bahasa Arab Untuk Pemula



Terjemah Ta’lim muta’allim (Syaikh Az-zarnujiy Rahimahullah)
Oleh : Khoirul Annas
Bismillah,
Alhamdulillah,
washolatu wassalamu `ala rosulillah,
waba`du, sahabat fillah, semoga Allah ta`ala meridhoi niatan yang insya Allah baik ini, senantiasa menyertai dan memberi bimbingan kepada kita di dalam meniti jalan kemulyaan dan keselamatan..Amiin..
Adapun yang saya maksudkan dengan "Niatan yang baik" diatas adalah keinginan saya untuk mengalih bahasa-kan kitab Ta`lim Muta`allim kedalam bahasa Indonesia, untuk lalu saya kebacakan kepada sahabat fillah sekalian.
Tentu bukan hendak menggurui., Sekedar berbagi dengan apa yang saya mililki (baca : ketahui)..seolah dengan tulisan ini, saya berkata ," sahabat, inilah, aku telah berbagi apa yang kuketahui.. sekarang giliran kalian ya! silahkan.."

Tegur & sapa dari ikhwan-akhwat yang lebih ahli akan menjadi kehormatan tersendiri bagi saya pribadi, dan kemanfaatan bagi pembaca pada umumnya..
akhirnya, demi meringkas tulisan, saya memohon semoga Allah bekenan mengampuni kesalahan niat, hati, tulisan,juga fikiran yang ada dalam diri saya dari awal sampai akhir penerjemahan ini..
semoga pula apa yang saya lakukan ini tergolong sebagai amal sholeh dan bermanfaat, termasuk tindakan menyiar-nyiarkan ilmu.. Amiin....
Khoirul Annas Akhukum Fillah..
ترجمۃ التعليم متعلّم
المقدّمۃ
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ الحمد لله الذى فضل على بنى آدم بالعلم والعمل على جميع العالم، والصلاة والسلام على محمد سيد العرب والعجم، وعلى آله وأصحابه ينابيع العلوم والحكم وبعد…فلما رأيت كثيرا من طلاب العلم فى زماننا يجدون إلى العلم ولايصلون [ومن منافعه وثمراته ـ وهى العمل به والنشر ـ يحرمون] لما أنهم أخطأوا طريقه وتركوا شرائطه، وكل من أخطأ الطريق ضل، ولاينال المقصود قل أو جل، فأردت وأحببت أن أبين لهم طريق التعلم على ما رأيت فى الكتب وسمعت من أساتيذى أولى العلم والحكم، رجاء الدعاء لى من الراغبين فيه، المخلصين، بالفوز والخلاص فى يوم الدين، بعد ما استخرت الله تعالى فيه وسميته: تعليم المتعلم طريق التعلم وجعلته فصولا: 1. فصل : فى ماهية العلم، والفقه، وفضله. 2. فصل : فى النية فى حال التعلم. 3. فصل : فى اختيار العلم، والأساتذ، والشريك، والثبات. 4. فصل : فى تعظيم العلم وأهله. 5. فصل : فى الجد والمواظبة والهمة. 6. فصل : فى بداية السبق وقدره وترتيبه. 7. فصل : فى التوكل. 8. فصل : فى وقت التحصيل. 9. فصل : فى الشفقة والنصيحة. 10. فصل : فى الإستفادة واقتباس الأدب. 11. فصل : فى الورع. 12. فصل : فيما يورث الحفظ، وفيما يورث النسيان. 13. فصل : فـيمـا يجـلب الـرزق، وفيـما يمـنع، وما يزيـد فى العـمـر، وما ينقص. وما توفيقى إلا بالله عليه توكلت وإليه أنيب.
Muqoddimah Kitab
Segala puji milik Allah yang telah mengutamakan bani Adam dengan lantaran ilmu dan juga amal mengalahkan makhluk semersta alam.
 Sholawat serta salam kepada Junjungan nabi Muhammad, junjungan kaum arab juga ‘ajam, juga kepada keluarga dan seshohabat beliau yang menjadi sumber daripada ilmu dan hikmah..

Waba’du, :
Tatkla aku megamati bahwa banyak diantara kawan-kawan santri/pelajar di zamanku (Syaikh Az-zarnuji),yang sebenarnya mereka telah bersungguh-sungguh dalam menghendaki ilmu, dan tetapi tidak berhasil lagi terhalang dari kemanfaatan-kemanfaatanya ilmu, dan buah daripada ilmu (berupa amal/tingkah perbuatan dan menyiar-nyiarkanya) disebabkan lalai atau kelirunya mereka dari jalanya menuntut ilmu,dan mengabaikan syarat-syarat untuk menuntut ilmu. Padahal barangsiapa yang keliru mengambil jalan,ianya akan tersesat,dan tidak berhasil apa yang dimaksudkanya,sedikit atau banyak
maka, ingin kuterangkan kepada mereka, jalan yang benar dalam menuntut ilmu berdasar dari yang aku jumpai dalam beberapa kitab,dan yang aku dengar dari beberapa guruku yang ahli ilmu dan hikmah..dengan mengharap doa` dari mereka-mereka pecinta ilmu yang ikhlas,semoga aku menjadi hamba yang beruntung dan beroleh keselamatan di hari pembalasan nanti, setelah sebelumnya aku meminta petunjuk kepada Allah ta`ala perihal kepengarangan kitab ini..


kitabku ini kunamai Ta`lim Al- Muta`allim Thoriq At-Ta`allum, dan aku menyusunya menjadi beberapa pasal/bagian:
1)Pasal menerangkan hakikat/kesejatian ilmu dan fiqih,

2)Pasal menerangkan niat dalam ketika belajar,

3)Pasal menerangkan memilih ilmu,guru,teman,dan tekun,

4)Pasal menerangkan memulyakan ilmu dan ahli ilmu(guru),

5)Pasal menerangkan sungguh-sungguh,mendawamkan belajar,dan cita-cita,

6)Pasal menerangkan permulaan belajar,ukuranya,dan urutanya,

7)Pasal menerangkan tawakkal,

8)Pasal menerangkan waktu menghasilkan ilmu,

9)Pasal menerangkan kasih sayang dan nasihat,

10)Pasal menerangkan mencari faidah,

11)Pasal menerangkan wara`(hati-hati) ketika mencari ilmu,

12)Pasal menerangkan perkara-perkara yang bisa menjadi sebab mudahnya hafal dan lupa,

13)Pasal menerangkan perkara-perkara yang bisa menjadi sebab datangnya rizki,dan perkara yang mencegah datangnya rizki,perkara yang menambah umur,dan yang mengurangi umur. 
Tidak ada yang kuasa menolongku,kecuali Allah saja. hanya kepadanya aku berserah diri,dan kepada-Nya pula-lah kelak aku akan kembali.

Baca juga : Belajar Bahasa Arab Pemula di Pare

No comments: