Friday 6 October 2017

Belajar Bahasa Arab Pemula di Al-Azhar


Belajar Bahasa Arab Pemula

Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula


PASAL MENERANGKAN HAKIKATNYA ILMU & FIQIH BERSERTA KEUTAMAANYA
A. Kewajiban Belajar.
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة
اعلم, بأنه لايفترض على كل مسلم، طلب كل علم وإنما يفترض عليه طلب علم الحال كما قال: وأفضل العلم علم الحال، وأفضل العمل حفظ الحال
ويفترض على المسلم طلب ما يقع له فى حاله، فى أى حال كان، فإنه لابد له من الصلاة فيفترض عليه علم ما يقع له فى صلاته بقدر ما يؤدى به فرض الصلاة،
ويجب عليه بقدر ما يؤدى به الواجب، لأن ما يتوسل به إلى إقامة الفرض يكون فرضا، وما يتوسل به إلى إقامة الواجب يكون واجبا وكذا فى الصوم، والزكاة، إن كان له مال، والحج إن وجب عليه. وكذا فى البيوع إن كان يتجر.
قيل لمحمد بن الحسن، رحمة الله عليه: لما لاتصنف كتابا فى الزهد؟ قال: قد صنفت كتابا فى البيوع، يعنى: الزاهد من يحترز عن الشبهات والمكروهات فى التجارات.
وكذلك فى سائر المعاملات والحرف، وكل من اشتغل بشيئ منها يفترض عليه علم التحرز عن الحرام فيه. وكذلك يفترض عليه علم أحوال القلب من التوكل والإنابة والخشية والرضى، فإنه واقع فى جميع الأحوال

Bersabda Rasulullah saw,
"Menuntut ilmu wajib hukumnya atas tiap-tiap muslim, laki-laki dan perempuan.."

Perlu dimengerti, sesunggunghnya tidak sembarang atau tidak semua ilmu yang diwajibkan untuk dipelajari oleh kaum muslim --laki-laki juga perempuan--. Melainkan yang diwajibkan hanyalah yang berkaitan dengan keadaan diri (Ilmu hal) saja, sepertimana dikatakan, "seutama-utamanya ilmu adalah ilmu hal, dan amal yang paling utama adalah memelihara hal."
Jelasnya, setiap kita, muslim, terwajibkan untuk mengilmui ilmunya perkara yang bakal dialami dalam setiap perbuatan/keadaan..
Misalnya, tersebab orang islam tidak bisa tidak pasti mengerjakan sholat, maka mengilmui ilmu yang berkenaan dengan sholat adalah wajib hukumnya, sekiranya telah bisa mencukupi apa yang menjadi kefardhuan sholat..
Setiap kita, muslim, Wajib pula mengerti ilmunya suatu perkerjaaan yang hendak dilakukan, sekiranya telah mencukupi apa yang menjadi kewajiban.
Karena sesungguhnya, apa-apa yang menjadi perantara untuk menjalankan kefardhuan, ianya juga fardhu. Dan apa-apa yang menjadi lantaran untuk mengerjakan yang wajib, ianya juga wajib..
Seperti ilmu-nya puasa, ilmu-nya zakat jika ada padanya harta, hajji jika telah berkewajiban, dan juga ilmu berdagang bila ia seorang pedagang..
Syaikh Muhammad ibn Hasan pernah ditanyai,
"Apa yang menyebabkan syaikh tidak mengarang kitab yang di dalamnya menerangkan zuhud?”
Beliau menjawab,
"Aku telah mengarang kitab tentang perdagangan."
Maksud beliau dengan jawaban diatas, bahwasanya orang yang zuhud adalah orang yang memelihara dirinya dari perkara-perkara yang syubhat dan perkara-perkara yang dimakruhkan dalam urusan berdagang..
Demikian pula, wajib hukumnya memelihara diri pada semua bentuk mu'ammalah dan pekerjaan..
Seseorang yang menekuni satu diantara beraneka ragam pekerjaan, wajib baginya mengetahui ilmu untuk menjaga diri dari sesuatu yang diharamkan di dalam pekerjaan yang ditekuninya itu.
Demikian pula, wajib bagi setiap muslim mengilmui ilmu tentang tingkah kelakuan hati. Diantaranya seperti : Tawakkal, inabah (kembali dalam keta'atan), khosyah (takut kepada Allah), ridho atas ketentuan Allah.. Karena kesemuanya itu pastilah dialami dalam semua keadaan..
B.Keutamaan llmu
وشرف العلم لايخفى على أحد إذ هو المختص بالإنسانية لأن جميع الخصال سوى العلم، يشترك فيها الإنسان وسائر الحيوانات: كالشجاعة والجراءة والقوة والجود والشفقة وغيرها سوى العلم.
وبه أظهر الله تعالى فضل آدم عليه السلام على الملائكة، وأمرهم بالسجود له.
وإنما شرف العلم بكونه وسيلة الى البر والتقوى، الذى يستحق بها المرء الكرامة عند الله، والسعادة والأبدية، كما قيل لمحمد بن الحسن رحمة الله عليهما شعرا:
تعـلـم فــإن الـعلـم زيـن لأهــلــه
 وفــضـل وعــنـوان لـكـل مـــحامـد                                                            
وكــن مـستـفـيدا كـل يـوم زيـادة
 من العـلم واسـبح فى بحـور الفوائـد
تـفـقـه فإن الـفــقـه أفــضـل قائـد
 الى الــبر والتـقـوى وأعـدل قـاصـد
هو العلم الهادى الى سنن الهدى
 هو الحصن ينجى من جميع الشدائد
فـإن فـقيــهـا واحــدا مــتـورعــا
 أشـد عـلى الشـيطـان من ألـف عابد

Adapun mengenai kemulyaanya ilmu, ianya tidak samar lagi bagi siapa saja. Karena: 1) Ilmu adalah kekhususan yang dikurniakan Allah kepada manusia, 2) setiap perbuatan yang tanpa dilandasi ilmu, ianya merupakan persekongkolan antara manusia dan binatang, dan 3) Para malaikat diperintahkan oleh Allah ta'ala bersujud kepada Nabi Adam As tersebab ilmu yang ada pada beliau..
Hanyasanya ilmu itu mulya, sebab ianya menjadi perantara yang mengantarkan pemiliknya menuju taqwa yang menjadikan manusia mulya di sisi Allah ta'ala, dan kebahagian abadi.
Seperti yang diutarakan kepada syaikh Muhammad bin Hasan berupa syair :
"Tuntutlah ilmu, sesungguhnya ilmu adalah hiasan bagi yang memilikinya, serta keutamaan, dan juga tanda adanya perilaku yang terpuji."
" Jadilah kamu di setiap harinya seorang yang beroleh faidah tambahan ilmu, dan menyelamlah kamu di dalam samudra kefaidahan ilmu.."
"Belajarlah ilmu fiqih! Sesungguhnya ia adalah penuntun yang paling utama menuju kebaikan dan taqwa, dan lebih lurus-lurusnya tujuan.
"Ilmu adalah bendera yang menuduhkan kepada laku petunjuk,
ilmu adalah benteng yang menyelamatkan dari segala kesusahan.."
"sesungguhnya seorang faqih satu yang wira'i lebih memayahkan syaithan ketimbang seribu orang ahli ibadah yang tak pandai fiqih."

Tegur & sapa dari ikhwan atau akhwat yang yang lebih ahli adalah satu kehormatan pribadi bagi saya, dan kemanfaatan bersama bagi para pembaca umumnya..
 Baca juga ya : (Belajar Bahasa Arab Pemula DI PARE)
 Muqoddimah Terjemah 



C. Belajar Ilmu Akhlaq 
 (والعلم وسيلة إلى معرفة: الكبر، والتواضع، والألفة، والعفة، والأسراف، والتقتير، وغيرها)، وكذلك فى سائر الأخلاق نحو الجود، والبخل، والجبن، والجراءة. فإن الكبر، والبخل، والجبن، والإسراف حرام، ولايمكن التحرز عنها إلا بعلمها، وعلم ما يضادها، فيفترض على كل إنسان علمها.

وقد صنف السيد الإمام الأجل الأستاذ الشهيد ناصر الدين أبو القاسم كتابا فى الأخلاق ونعم ما صنف، فيجب على كل مسلم حفظها

Demikian pula pada semua akhlak (wajib untuk mengilmuinya), seperti dermawan, kikir, takut, berani, sombong, tawadhu', memelihara kehormatan diri, boros, hemat, dan lain-lainya. Karena sesungguhnya sifat sombong, kikir, takut, dan boros itu haram. Dan tidaklah mungkin dapat memelihara dirinya dari keempat akhlak tercela itu, kecuali dengan jalan mengilmui apa yang menjadi lawanya. Jadi, wajib atas tiap manusia untuk mengilmuinya

Syaikh Abul Qosim telah mengarang kitab yang menerangkan akhlak. Dan karangan itu sungguh-sungguh bagus.
Intinya, setiap muslim berkewajiban untuk memelihara akhlaknya.

(Bahasa Arab Pemula di Pare)


D. Ilmu Yang Fardu Kifayah dan Yang Haram dipelajari.
وأما حفظ ما يقع فى الأحايين ففرض على سبيل الكفاية، إذا قام البعض فى بلدة سقط عن الباقين، فإن لم يكن فى البلدة من يقوم به اشتركوا جميعا فى المأثم، فيجب على الإمام أن يأمرهم بذلك، ويجبر أهل البلدة على ذلك.
قيل: إن العلم ما يقع على نفسه فى جميع الأحوال بمنزلة الطعام لابد لكل واحد من ذلك.
وعلم ما يقع فى الأحايين بمنزلة الدواء يحتاج إليه (فى بعض الأوقات).
وعلم النجوم بمنزلة المرض، فتعلمه حرام، لأنه يضر ولاينفع، والهرب عن قضاء الله تعالى وقدره غير ممكن.
فينبغى لكل مسلم أن يشتغل فى جميع أوقاته بذكر الله تعالى والدعاء، والتضرع، وقراءة القرآن، والصدقات [الدافعة للبلاء] [والصلاة] ، ويسأل الله تعالى العفو والعافية فى الدين والآخرة ليصون الله عنه تعالى البلاء والآفات، فإن من رزق الدعاء لم يحرم الإجابة. فإن كان البلاء مقدرا يصيبه لامحالة، ولكن يبر الله عليه ويرزقه الصبر ببركة الدعاء.
اللهم إذا تعلم من النجوم قدرما يعرف به القبلة، وأوقات الصلاة فيجوز ذلك
وأما تعلم علم الطب فيجوز، لأنه سبب من الأسباب فيجوز تعلمه كسائر الأسباب. وقد تداوى النبى عليه السلام،
وقد حكى عن الشافعى رحمة الله عليه أنه قال: العلم علمان: علم الفقه للأديان، وعلم الطب للأبدان، وما وراء ذلك بلغة مجلس.
Adapun memelihara perkara yang teralami di sebagian masa, hukumnya adalah fardhu kifayah. Jika sebagian diantara masyarakat telah ada yang melakukanya, maka kewajiban itu tergugurkan dari yang lainya. Tetapi jika satu kampung tak ada yang melakukanya, maka semuanya akan menanggung dosa. Karenanya wajib bagi seorang imam atau pemimpin, memerintahkan penduduknya untuk mencari ilmunya, bahkan tak apa jika musti memaksa..
Ada dikatakan,
"sesungguhnya ilmu yang teralami pada diri sendiri, ibaratnya seperti makanan. Setiap orang pasti memerlukanya. Sedangkan ilmu tentang suatu perkara yang terjadi pada sebagian waktu, ianya seperti obat. Hanya dibutuhkan sewaktu-waktu.

Dan adapun ilmu nujum (perbintangan) tak ubahnya seperti penyakit. Mempelajarinya adalah haram. Sebab berbahaya, dan tidak membawa manfaat. Padahal, menghindar dari ketentuan Allah itu mustahil..
Haramnya mempelajari ilmu nujum/perbintangan, mengecualikan jika belajarnya itu bertujuan untuk mengetahui arah kiblat dan waktu sholat.

Setiap muslim dalam semua waktu yang ia miliki, hendaknya menyibukkan diri dengan dzikir (mengingat Allah ta'ala), berdo'a, merendah-rendah kepada-Nya, mentilawah Al-Qur'an, bersedekah yang mampu menolak bala', juga memohon kepada Allah kemaafan dan keselamatan di dunia dan akhirat.. Supaya Allah senantiasa memeliharnya agar terhindar dari bala' dan penyakit. Sebab sesungguhnya seorang yang diberi kemauan untuk berdo'a, tidak akan terhalangi dari ijabahnya do'a. Dan jika bala'/musibah tertakdir menimpanya, maka bala' itu sudah pasti ia alami. Hanyasaja Allah akan memberinya kemudahan, dan men-karuniakan kepadanya kesabaran, berkat do'anya.
Belajar ilmu kedokteran adalah diperbolehkan. Sebab ianya hanyalah sebab diantara sebab-sebab yang lain. Maka mempelajarinya adalah boleh sepertimana boleh-nya mempelajari sebab-sebab yang lain. Dan lagi, Nabi Muhammad saw juga berobat tatkala sakitnya.
Diceritakan, Imam Syafi'i rahimahullahu ta'ala pernah berkata,
"Ilmu ada dua macam : satu, ilmu fiqih untuk agama, dan dua, ilmu pengobatan untuk tubuh. adapun selain keduanya hanyalah sebagai bekal berbicara dalam majlis.”
E. Definisi Ilmu.
وأما تفسير العلم: فهو صفة يتجلى بها المذكور لمن قامت هى به كما هو. والفقه: معرفة دقائق العلم مع نوع علاج. قال أبو حنيفة رحمة الله عليه: الفقه معرفة النفس ما لها وما عليها. وقال: ما العلم إلا للعمل به، والعمل به ترك العاجل الآجل.
فينبغى للإنسان أن لايغفل عن نفسه، ما ينفعها وما يضرها، فى أولها وآخرها، ويستجلب ما ينفعها ويجتنب عما يضرها، كى لايكون عقله وعمله حجة فيزداد عقوبة، نعوذ بالله من سخطه وعقوبه.
وقد ورد فى مناقب العلم وفضائله، آيات وأخبار صحيحة مشهورة لم نشتغل بذكرها كى لايطول الكتاب.
Top of Form
Bottom of Form
Dan adapun pengertian ilmu, ianya adalah sifat yang menyebabkan apa yang perlu untuk diketahui terjelaskan bagi seorang yang memiliki sifat itu. Sedang pengertian fiqih adalah mengetahui kelembutan-kelembutan ilmu.
Berkata Imam Abu Hanifah rahimahullah, “Yang dimaksud fiqih adalah pengetahuan perihal diri berikut sifat-sifat-nya –mana yang bermanfaat dan mana yang membahayakan—“. Beliau juga berkata, “Tidaklah ilmu itu melainkan untuk diamalkan, dan mengamalkan ilmu adalah dengan meninggalkan dunia untuk akhirat (lebih mementintangkan kepentingan akhirat ketimbang dunia)”
Maka sudahlah selayaknya bagi manusia untuk tidak lalai dari memikirkan perihal dirinya, Mana yang bermanfaat dan mana yang bahaya bagi-nya, baik di duia maupun di akhirat. Yang manfaat ia tarik (dekati), dan yang bahaya ia jauhi agar akal dan juga ilmu yang ada padanya tidak menjadi hujjah yang menambah siksa baginya kelak  (Na’udzu billahi min sakhotihi wa ‘iqobihi)
Dalam masalah kebaikan-kebaikan dan keutaman-keutamaanya ilmu, telah banyak ayat-ayat ataupun hadits-hadits shohih lagi masyhur yang menjelaskan-nya. Karena-nya saya merasa tidak perlu menyebutkanya disini agar kitab ini tidak terlalu panjang nantinya.

Semoga Allah berkenan mengampuni kesalahan niat, hati, tulisan,juga fikiran yang ada dalam diri saya dari awal sampai akhir penerjemahan ini..
semoga pula apa yang saya lakukan ini tergolong sebagai amal sholeh dan bermanfaat,Amiin....
 


 

No comments: