Sunday 8 October 2017

Belajar bahasa arab pemula



Pasal Menerangkan Niat Dalam Hal Mencari Ilmu
Pentingnya Niat
ثم لابد له من النية فى زمان تعلم العلم، إذ النية هى الأصل فى جميع الأفعال لقوله عليه السلام: إنما الأعمال بالنيات. حديث صحيح.
[روى] عن رسول الله صلى الله عليه وسلم: كم من عمل يتصور بصورة عمل الدنيا، ثم يصير بحسن النية من أعمال الآخرة، وكم من عمل يتصور بصورة عمل الآخرة ثم يصير من أعمال الدنيا بسوء النية.
Adalah keharusan bagi seorang pelajar untuk membernarkan niatnya dalam mencari ilmu. Niat adalah pokok dalam segala perkara, seperti sabda Rasulullah saw,
“Hanyasanya setiap amal itu bergantung pada niat..” (Hadits Shohih)
Juga sabda Rasulullah saw yang lain, “Betapa banyak-nya amal-amal yang sejatinya adalah amal dunia tapi dengan baiknya niat(pelaku) ianya menjadi amal akhirat. Dan berapa banyak pula amal-amal yang sebenarnya berupa amal akhirat, tapi tersebab buruknya niat(pelaku), ianya berubah menjadi amal dunia.”
Niat yang Baik & Buruk
وينبغى أن ينوى المتعلم بطلب العلم رضاء الله والدار الآخرة، وإزالة الجهل عن نفسه، وعن سائر الجهال، وإحياء الدين وإبقاء الإسلام، فإن بقاء الإسلام بالعلم، ولايصح الزهد والتقوى مع الجهل.
وأنشدنا الشيخ الإمام الأجل الأستاذ برهان الدين صاحب الهداية لبعضهم شعرا:
فـساد كـبير عـالم مـتهتـك            وأكـبر منه جاهل متنسك
هما فتنة للعالمين عظيمة            لمن بهما فى دينه يتمسك
وينوى به: الشكر على نعمة العقل، وصحة البدن, ولا ينوى به إقبال الناس عليه، ولا استجلاب حطام الدنيا، والكرامة عند السلطان وغيره.

وقال محمد بن الحسن رحمة الله عليهما: لو كان الناس كلهم عبيدى لأعتقتهم وتبرأت عن ولائهم.
Niat yang baiknya dipasang oleh pelajar dalam mencari ilmu yaitu mencari keridhoan Allah Ta’ala, kehidupan di akhirat, menghilangkan kebodohan yang ada pada dirinya dan juga orang lain, menghidupkan agama, dan melangggengkan islam. karena sesungguhnya kelanggengan agama islam adalah dengan ilmu, dan tidaklah benar zuhud dan takwa yang didasari kebodohan. Belajar bahasa Arab pemula di Al-Azhar
Syaikh Burhanuddin pernah melantunkan syiir  gubahan seorang ulama,
“satu kerusakan yang besar yaitu seorang ‘alim yang menyeleweng kelakuan-nya, dan lebih besar lagi dari itu yaitu orang bodoh yang ahli ibadah,
Keduanya adalah fitnah yang agung dalam masyarakat; bagi sesiapa yang berpegang pada kedua-nya dalam masalah agama.”  Belajar bahasa arab pemula mudah
Sebaiknya pula bagi pelajar dalam belajar-nya untuk berniat mensyukuri nikmat akal dan sehat-nya badan. Dan jangan sampai punya niatan agar diterima oleh masyarakat, mendatangkan kekayaan dunia dan kemulyaan dihadapan manusia dan Raja, dan lain-lain.
Berkata Syaikh Muhammad ibn Hussayn Rahimahullah, “Andaikan manusia seluruhnya adalah budak-ku, sungguh akan aku merdekakan mereka dan lalu aku berlepas diri dari haq wala’-nya.” 
Kelezatan & Hikmahnya Ilmu

وذلك لأن] من وجد لذة العلم والعمل به، قلما يرغب فيما عند الناس. أنشدنا الشيخ الإمام الأجل الأستاذ قوام الدين حماد بن إبراهيم بن إسماعيل الصفار الأنصارى إملاء لأبى حنيفة رحمة الله عليه:

من طلب العلم للمعاد فاز بفضل من الرشاد

فـيالخسـران طالـبيـه لـنيل فـضل من العباد

اللهم إلا إّذا طلب الجاه للأمر بالمعروف والنهى عن المنكر، وتنفيذ الحق، وإعزاز الدين لا لنفسه وهواه، فيجوز ذلك بقدر ما يقيم به الأمر بالمعروف والنهى عن المنكر.

وينبغى لطالب العلم: أن يتفكر فى ذلك، فإنه يتعلم العلم بجهد كثير، فلايصرفه إلى الدنيا الحقيرة القليلة الفانية. (قال النبى صلى الله عليه وسلم: اتقوا الدنيا، فوالذى نفس محمد بيده إنها لأسحر من هاروت وماروت). شعر:

هى الـدنيا أقـل مـن الـقـليل وعاشقها أذل من الذليل

تصم بسحرها قوما وتعمى فـهم مـتخيرون بلا دليل
Barangsiapa yang telah menemukan lezatnya suatu ilmu dan mengamalkan-nya, sedikit sekali yang memyukai apa yang ada pada sisi manuia.”
Syaikh Qowwamuddin pernah melantukan syi’ir kepada kami syi’ir milik Imam Abu Hanifah,
“Barangsiapa yang mencari ilmu karena akhirat, ia telah beruntung dengan beroleh petunjuk berupa kebenara
Amat sangat rugi orang-orang yang menuntut ilmu karena mengharapkan keutamaan dari manusia (hamba).”
Larangan atau tercelanya niat disini mengecualikan jika mencari kedudukan-nya itu bertujuan agar bisa amar ma’ruf & nahi munkar, melaksankan kebenaran, dan mengagungkan agama. Bukan untuk dirinya sendiri.  Yang seperti ini diperbolehkan dengan syarat sekiranya bisa beramar ma’ruf dan nahi munkar..
Akan tetapi, selayaknya bagi pelajar untuk berfikir ulang untuk memeiliki niatan yang seperti itu. Sebabnya ia telah belajar dengan kesungguhan. Karenanya jangan sampai terbelokkan oleh dunia yang hina/remeh, sedikit, dan rusak, seperti ungkapan berupa syi’ir,
“itulah dunia! Lebih sedikit-sedikitnya perkara yang sedikit. Dan mereka yang mengoyak dunia adalah lebih hina diantara orang-orang yang hina.
Dunia dengan sihir yang ada padanya telah membuat tuli dan buta orang banyak. Maka jadilah mereka orang-orang yang bingung tanpa petunjuk.”
Pantangan Ahli Ilmu
وينبغى لأهل العلم أن لايذل نفسه بالطمع فى غير المطمع ويحترز عما فيه مذلة العلم وأهله. ويكون متواضعا، والتواضع بين التكبر والذلة، والعفة كذلك، ويعرف ذلك فى كتاب الأخلاق

أنشدنى الشيخ الإمام الأستاذ ركن الدين المعروف بالأديب المختار شعرا لنفسه:
إن الـتواضـع مـن خـصـال المـتقى            وبه التقى إلى المـعالى يرتقى
ومن العجائب عجب من هو جاهل            فى حالة أهو السعيد أم الشقى
أم كـيـف يخــتم عـمـره أو روحــه            يوم الـنوى مـتسفل أو مرتقى
والـكـــبـريـاء لـربـنـا صــفـة لــــه            مـخـصـوصة فتجـنبها واتقى
قال أبو حنيفة رحمة الله عليه لأصحابه: عظموا عمائمكم ووسعوا أكمامكم. وإنما قال ذلك لئلا يستخف بالعلم وأهله
Para ahli ilmu seyogyanya 1)tak menghinakan diri dengan sifat tomak yang tidak pada tempatnya, 2)memelihara dirinya dari apa saja yang bisa menghinakan ilmu dan ahli ilmu, dan 3)Bersikap Tawadhu’, 4)Iffah.
Tawadu’ adalah sifat  tengah-tengah antara sombong dan hina. Keterangan yang seperti ini bisa didapati dalam kitab akhlaq.
Syaikh Ruknul Islam yang dikenal dengan kemulyaan akhlakanya pernah menembangkan syi’ir karangan beliau sendiri,
“Sesungguhnya Tawadhu’ adalah sebagian dari sifatnya orang yang bertakwa,
Degan tawadhu’, orang yang bertakwa naik menuju tingkatan yang lebih tinggi,
Diantara sesuatu yang amat mengherankan: orang yang bodoh akan keadaan dirinya,
Ia tidak tahu(peduli), apakah ia termasuk yang beruntung atau celaka?
Atau bagaimanakah umurnya berakhir nantinya; terjerembabkah atau naik?
Sifat sombong, adalah sifat yang khusus dimiliki oleh Tuhan kita(Allah),
Jauhi dan berhati-hatilah!
Berkata Imam Abu Hanifah rahimahullah, “besarkanlah serban kalian, dan perlebarlah lengan baju kalian!”, maksud beliau memerintahkan yang demikian adalah agar ilmu dan ahli ilmu tidak dianggap remeh.
Anjuran khusus untuk Pelajar
وينبغى لطالب العلم أن يحصل كتاب الوصية التى كتبها أبو حنيفة رضى الله عليه ليوسف بن خالد السمتى عند الرجوع إلى أهله، يجده من يطلب العل وقد كان أستاذنا شيخ الإسلام برهان الدين على بن أبو بكر قدس الله روحه العزيز أمرنى بكتابته عند الرجوع إلى بلدى فكتبته، ولابد للمدرس والمفتى
فى معاملات الناس منه، وبالله التوفيق.


Seyogyanya bagi penuntut ilmu untuk memiliki kitab washiyah yang ditulis oleh Imam Abu Hanifah untuk muridnya syaikh Yusuf ibn Kholid ketika hendak pulang. Sesiapa yang sungguh-sungguh dalam mencarinya, tentu akan mendapatkan-nya.

Guruku Imam Burhanuddin ibn Abi bakr juga meyuruhku untuk menulis wasiyat tersebut  ketika aku hendak pulang, dan akupun menulisnya. Selayaknya pula bagi para pengaar dan mufti untuk juga mengamalkan kitab washiyat tersebut dalam bermasyarakat nantinya

No comments: